Home / SEJARAH BPM KOTA MEDAN

SEJARAH BPM KOTA MEDAN

Sehubungan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 dan Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 3 Tahun 2009, terjadi perubahan nomenklatur instansi penanaman modal dari Kantor Penanaman Modal Daerah (KPMD) Kota Medan menjadi Badan Penanaman Modal (BPM) Kota Medan. Kantor Badan Penanaman Modal Kota Medan juga telah berpindah dari Jl. Raden Saleh No. 7 Medan ke Jl. Jend. A.H Nasution No. 112 Medan.

 

  • Pengertian “Penanaman Modal” pada UU No. 25 Tahun 2007 meluas.
  • Pada UU No. 1 Tahun 1967 dan UU No. 6 Tahun 1968 (yang telah diubah dengan UU No. 11 Tahun 1970 & UU No. 12 Tahun 1970), disebut dengan istilah :
  1. Penanaman Modal Asing
  2. Penanaman Modal Dalam Negeri

 

Istilah SP-PMDN (Surat Persetujuan PMDN) dan SP PMA (Surat Persetujuan PMA) juga berubah menjadi :

  • Izin Prinsip ( Hal ini menegaskan ruang lingkup bidang penanaman modal telah meluas yaitu segala bentuk penanaman modal, tidak terbatasi oleh istilah PMA/PMDN).

 

PENANAMAN MODAL :

Penanaman modal adalah segala bentuk kegiatan menanam modal, baik oleh penanam modal dalam negeri maupun penanam modal asing untuk melakukan usaha di wilayah negara Republik Indonesia.

(UU No. 25 Tahun 2007)

 

PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI :

Penanaman modal dalam negeri adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah negara Republik Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal dalam negeri dengan menggunakan modal dalam negeri.

(UU No. 25 Tahun 2007)

 

PENANAMAN MODAL ASING :

Penanaman modal asing adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah negara Republik Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal asing, baik yang menggunakan modal asing sepenuhnya maupun yang berpatungan dengan penanam modal dalam negeri.

(UU No. 25 Tahun 2007)

 

Dibaca:1509 kali