Home / Kategori : Kegiatan

Konsul AS Beri Masukan Pada Temu Usaha BPM Medan

Overview

  • Kategori :Kegiatan
  • Dibaca: 101 kali
  • Komentar: 0

Konsul Jenderal Amerika Serikat untuk Sumatera Juha P. Salin memberikan sambutan pada temu usaha bertajuk “Coffee Morning with Entrepreneurs” yang digelar Badan Penanaman Modal (BPM) Kota Medan Jumat (16/12) lalu.

 

Juha P. Salin mengatakan bahwa Medan adalah kota yang kondusif untuk investasi. Hal ini terbukti dengan banyaknya investasi asing yang sudah beroperasi. Dari Amerika Serikat sendiri, investasi yang masuk kebanyakan berupa franchise (waralaba) seperti Starbucks, McDonald, JW Mariott, dan lain-lain. Kemudahan-kemudahaan proses perizinan dan inovasi-inovasi dengan menggunakan teknologi sangat disukai oleh investor-investor asing. “Sistem pelayanan berbasis inovasi teknologi akan sangat menarik minat para calon investor asing,” kata Salin dalam pertemuan tersebut.

 

Ia juga mengatakan untuk mengundang investor asing masuk ke Medan sebaiknya harus lebih fokus kepada investor yang sudah ada karena biasanya para calon investor lebih suka mendengar rekomendasi dan pendapat dari rekan bisnisnya ketimbang mendengar undangan dan testimoni dari pemerintah. “Mendengar pendapat dari investor yang sudah lebih dulu masuk akan jauh lebih menyakinkan bagi mereka,” katanya lagi.

 

Selain itu pemerintah daerah perlu memperhatikan berbagai fasilitas yang bisa mendukung keberlangsungan bisnis di Medan. Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatera, seperti yang disampaikan Salin akan terus mendukung kemajuan iklim investasi di Sumatera Utara. “Kami juga sering membawa tenaga ahli dari Amerika untuk berbagi dengan para pelaku usaha di Medan. Seperti Februari nanti kami akan mengundang konsultan IT dari Amerika,” kata Salin. Jika sebelumnya Konsulat Jenderal AS kerap berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, maka pada waktu ke depan, Salin yang didampingi pejabat di Konsulat, Rachma, berjanji akan meningkatkan komunikasi dan kolaborasi dengan Pemerintah Kota Medan dalam hal ini BPM Kota Medan.

 

Kepala BPM Kota Medan, Togap P. Nainggolan menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kehadiran Konsul Jenderal AS tersebut. Tak lupa Kepala BPM menginformasikan bahwa mulai tahun 2017, BPM akan berubah nama menjadi DPM (Dinas Penanaman Modal) yang menyelenggarakan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Dengan demikian BPM dan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) akan bergabung menjadi satu. Perubahan ini diharapkan lebih meningkatkan kenyamanan berusaha dalam konteks perijinan yang cepat dan transparan yang terintegrasi dengan pelayanan di bidang investasi. Sayang pada pertemuan tersebut BPPT Kota Medan yang sebelumnya telah diundang, urung hadir. (*)

Tags:

0 Comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*